March 29, 2020
Tips Dekorasi Rumah dengan Barang Bekas

Tips Dekorasi Rumah dengan Barang Bekas

Pandoraco. – Tips Dekorasi Rumah dengan Barang Bekas. Barang bekas sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Hanya segelintir orang yang mampu menyulapnya menjadi barang dengan nilai jual tinggi. Jika kamu bisa menyulap barang bekas, maka sangat bermanfaat untuk dekorasi rumah yang membosankan.

Dekorasi rumah yang unik mulai berkembang di masyarakat Indonesia. Ada yang mendekor rumah ala Jepang, Korea, kartun kesukaan dan masih banyak lagi. Namun, pernahkah terpikir untuk mendeor ulang rumahmu dengan barang bekas? Pasti banyak hal yang tentu saja kamu pertimbangkan saat memilih mendekor rumah dengan barang bekas dan pastilah kamu ragu untuk memilihnya sebagai alternatif yang unik. 

Dalam artikel ini akan dibahas tips dekorasi rumah dengan barang bekas yang tentunya akan membuat rumah kamu terlihat beda, unik dan indah. Tips di bawah ini bisa kamu jadikan aalternatif untuk membuat gaya rumah yang baru sesuai budgeti yang dipunya. Berikut pembahasannya.

  • Vas dari Botol Bekas

Biasanya vas bunga yang ada di ruang tamu terbuat dari tanah liat atau plastik. Jika kamu bosan dengan hal seperti itu, kamu bisa mengganti vas bunga di ruang tamu dengan vas bunga yang berasal dari botol bekas. Eits, jangan langsung digunakan, tapi buatlah semenarik mungkin botol bekas itu, sehingga memiliki nilai seni dan membuat ruang tamumu menjadi lebih indah. Dekorasi rumah ini bisa dimulai dengan membersihkan dahulu botol bekas, lalu mengoleskan cat warna dan bisa ditambahkan pasir untuk mempercantik botolnya. Setelah itu, tinggal masukkan tanaman atau bunga kesukaanmu.

  • Kursi atau Sofa dari Bedcover Tua

Jika kamu mempunyai bedcover yang sudah tua, jangan dibuang dulu ya. Bedcover bekas bisa kamu jadikan sebagai bantalan kursi atau sofa. Sehingga kursi atau sofa di rumahmu terlihat lebih beda dan tentunya unik. Untuk memulai dekorasi rumah yang satu ini kamu hanya tinggal memasangkan bedcover yang sudah tidak dipakai ke kursi atau sofa di ruang tamu. Warna dan motif yang baru tentulah membuat ruangan akan terlihat baru juga dengan ide unik kamu ini.

  • Kancing Bekas Untuk Hiasan Lampu

Kancing-kancing baju yang telah lepas biasanya sering kamu simpan untuk diterapkan pada baju lain yang kancingnya lepas. Namun, ternyata ada ide unik lain loh dari kancing bekas ini yang tentunya biasa membuat dekorasi rumah kamu terlihat sangat unik. Jika kamu bosan dengan hiasan lampu yang itu-itu saja, kamu bisa menggunakan kancing sebagai alternatifnya. Caranya adalah dengan membersihkan tudung hiasan lampu lalu tempelkan kancing warna-warni dengan lem. Kamu bisa menempelkan kancing-kancing ini dengan pola acak atau sesuai dengan pola yang kamu inginkan. Hiasan lampu ini akan membuat ruanganmu lebih berwarna dan terasa lebih hidup.

  • Lampu Gantung dari Parutan Bekas

Biasanya parutan yang sudah tumpul dan tidak digunakan lagi sering kamu buang. Namun, ternyata parutan berbentuk segi empat yang terbuat dari stainless steel ini bisa kamu gunakan sebagai lampu gantung yang bisa membuat rumahmu indah loh. Cahaya yang menembus lubang-lubang pada parutan akan menciptakan siluet yang indah. Untuk dekorasi rumah yang satu ini kamu tentunya memerlukan parutan bekas dan bohlam sebagai bahan utama. Lalu persiapkan cat, pitting lampu dan kabel yang tentunya juga sangat dibutuhkan. 

Untuk membuat lampu gantung ini kamu bisa mengoleskan cat sesuai seleramu. Setelah itu, lubangi lebih dahulu bagian pegangan parutan untuk jalan kabel. Lalu, pasang pitting lampu menggatung dalam parutan dan pasangkan bohlam. Lampu gantung dari parutan bekas pun sudah bisa kamu gunakan. Tips dekorasi rumah yang satu ini akan membuat rumahmu terlihat lebih cantik dan artistik.

  • Palet Bekas Sebagai Hiasan Dinding

Kayu palet yang biasa digunakan untuk membungkus kiriman, bisa menjadi ide unik untuk dekorasi rumah, loh. Kamu bisa memanfaatkan barang bekas ini sebagai hiasan di dinding ruang tamu. Kamu bisa memajangnya apa adanya dengan sentuhan cat warna-warni yang akan membuatnya terlihat lebih indah. Kamu juga bisa membentuknya sesuai bentuk yang kamu suka. Bisa juga dimanfaatkan sebagai bunga hias gantung atau tanam vertikal yang sangat indah dan bisa menghidupkan ruanganmu.

  • Sprei Bekas Untuk Menghias Kamar

Nah, jika kamu bosan dengan motif di dinding kamar yang itu-itu saja, kamu bisa menggunakan sprei bekas untuk hiasan dindingmu. Dekorasi rumah satu ini memang sangat mudah dan sederhana, tapi efek yang ditimbulkan adalah menambah nilai seni di dalam kamarmu. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu membersihkan lebih dahulu dinding kamarmu. Lalu, tempelkan seluruh bagian sprei ke dinding kamar dengan erat dan menyeluruh, sehingga akan mendapatkan hasil yang rapi dan optimal.

Siapa sangka barang bekas yang selalu dinilai sebelah mata, justru bisa menjadi tips dekorasi rumah yang indah dan cantik. Kamu bisa menjadikan tips di atas sebagai alternatif untuk mendekor ulang ruangan-ruangan di dalam rumah. Selamat mencoba!