February 19, 2020
Dekorasi Rumah Ala Shabby Chic Cantik dan Elegan

Dekorasi Rumah Ala Shabby Chic, Cantik dan Elegan

Pandoraco. – Dekorasi rumah ala shabby chic, cantik dan elegan Mendekorasi rumah merupakan suatu hal yang wajib agar rumah Anda tampak bersih dan cantik. Ada berbagai macam dekorasi yang bisa Anda coba, termasuk dekorasi rumah ala shabby chic. Saat ini, trend rumah ala shabby chic tengah banyak di gemari oleh sebagian orang. Sebenarnya penerapan untuk gaya shabby chic ini tergolong mudah. Anda hanya perlu memperhatikan langkah-langkahnya agar tidak keliru ketika sedang melakukan dekorasi.

Anda bisa melakukan dekorasi rumah ala shabby chic dengan mengkombinasikan furnitur yang ada dengan finishing berbeda warna dan gaya dari era yang berbeda. Anda bisa menggunakan furnitur berfinishing rastik sehingga akan membuat interior rumah Anda lebih memikat. Begitu pun halnya dengan material besi dan metal. Elemen besi serta metal pada sebuah aksesoris atau furnitur akan membuat tampilan rumah ala shabby chic Anda terlihat sangat modern.

Kemudian, dalam melakukan dekorasi rumah ala shabby chic, Anda bisa menggabungkan aksesoris atau furnitur bergaya vintage dengan warna putih atau pastel. Gunakan furnitur yang finishingnya sengaja dibuat antik sehingga rumah Anda terlihat elegan. Selain itu, nuansa putih selalu hadir dalam gaya ini. Warna putih dianggap sebagai warna dasar yang dapat menentralkan warna-warni ruangan.

Dekorasi rumah ala shabby chic tidak selalu identik dengan wanita atau menggunakan nuansa pink dan motif floral. Anda bisa memadukan unsur kontemporer untuk meluluhkan kesan feminimnya. Anda juga dapat menghadirkan furnitur – furnitur dengan bentuk yang lebih tegas dan finishing rastik atau unfinished. Padukan juga motif-motif yang saat ini sedang trend, seperti motif geometris dengan floral.

Sedikit bermain warna pada dekorasi rumah Anda akan membuat tampilannya semakin catchy dan stylish. Anda bisa memainkan warna pada alas atau bantalan kursi dengan motif flower atau warna-warna lembut seperti hijau pastel atau pink pastel. Begitu pula dengan sarung bantalnya. Jika Anda menggunakan sofa dengan warna putih atau soft, Anda bisa menggunakan warna kontras yang mampu menghidupkan suasana lembut ruangan. Seperti, bila ada warna neon yang terang dan cerah pada sarung bantalnya, Anda bisa menggunakan warna yang kontras sehingga hasilnya menjadi lebih harmonis dan interior ruangan Anda tidak akan terkesan monoton.

Anda juga bisa menggunakan material kain untuk dekorasi rumah ala shabby chic Anda. Anda bisa menggunakan katun dan linen untuk menghiasi ruangan rumah Anda. Material kain tersebut bisa berupa taplak meja, gorden, sarung bantal dan masih banyak lagi. Jika ingin menggunakan kain bermotif, Anda bisa menggunakan kain yang memiliki motif bunga-bunga kecil.

Selain itu, material kain yang digunakan untuk dekorasi rumah shabby chic Anda bisa menggunakan dengan pilihan warna pastel dengan motif floral. Anda bisa mengaplikasikan kain tersebut pada tempat tidur, meja makan, headboard, padded wall, sampai upholstery kursi. Namun, perlu Anda ingat bahwa gaya shabby chic tidak terlalu banyak mengekspor warna dan kontras yang tinggi, tetapi lebih selalu bermain pada ruang monokrom yang aman.

Untuk warna temboknya, Anda bisa melakukan dekorasi rumah dengan warna pastel yang lembut seperti hijau mint, krem dan putih gading. Warna-warna tersebut bisa diaplikasikan secara tidak merata pada panel dinding maupun furnitur pengisi ruangan. Sehingga akan memunculkan kesan unfinished dari aplikasi warna tersebut.

Dalam melakukan dekorasi rumah ala shabby chic, Anda bisa memadukan warna dengan elegan. Pilihlah warna utama dan seimbangkan dengan warna komplementernya. Contohnya jika Anda menggunakan warna biru muda sebagai warna utama, maka harmonikan warna ruangan dengan menambahkan warna abu-abu muda dan sedikit putih. Anda juga bisa memberikan warna utama terhadap furnitur. Selanjutnya berikan lapisan bertekstur atau motif dengan warna komplementer di atasnya. Selain menggunakan putih dan pastel, Anda juga bisa menggunakan model pewarnaan usang, bleach out dan luntur dalam rumah ala shabby chic Anda.

Untuk pemilihan motif pada dekorasi rumah ala shabby chic, Anda bisa menggunakan motif floral atau bunga, dots, serta garis-garis yang sering banyak ditemukan. Anda pun dapat memilih wallpaper, sarung bantal, seprai dan pelapis furnitur dengan salah satu motif tersebut. Dengan menggunakan warna pastel dan motif yang digunakan pada furnitur, dinding, atau aksesori, gaya shabby chic pada rumah Anda akan terlihat sangat kental dan terasa dalam.

Dengan demikian, dekorasi rumah ala shabby chic telah berhasil Anda lakukan. Tak perlu memberi barang-barang mahal untuk koleksi aksesorisnya. Anda bisa mengumpulkan barang-barang yang ada di rumah kemudian berikan sentuhan warna pastel, maka semuanya sudah siap dan rumah bergaya shabby chic yang cantik dan elegan telah berhasil Anda miliki. Cara mendekorasinya cukup mudah, bukan?